Thursday, January 20, 2011

Sajian Makanan Tradisi Khas Imlek


Perayaan tahun baru cina selalu disambut meriah oleh seluruh warga keturunan Tionghoa dimana pun mereka berada.Cara merayakan imlek pun tergantung dari kelompok etnik dan selalu berlainan. Ini mungkin juga disebabkan oleh perbedaan musim atau cuaca pada hari tersebut dan cara mereka makan.

Komunitas yang asal dari provinsi utara biasanya merayakannya dengan bersama-sama membuat dumpling [hiaoche] - semacam pangsit yang berisi daging dan sayuran yang cara bungkusnya kaya duit perak jaman dulu.[Inggris bilang juga potsticker]
Biasanya malam sebelum tahun baru keluarga berkumpul dan bersama-sama membuat kulit dumpling ini dan membungkusnya. Didalam satu dari ratusan yang dibuat - diberikan koin perak. Konon katanya yang mendapat dumpling ini tahun yang akan datang bakal mendapat rejeki.Biasanya makan dumpling ini adalah pada tengah malam tepat pada detik tahun baru.

Ada pula komunitas yang mungkin juga asal dari tengah yang selalu memakan kepala babi sebagai hidangan yang utama pada hari ray ini. Yg penting disini adalah adanya kuping babi, lidah babi, cheek dari babi dan otak babi. Biasanya kepala babi ini di masak kecap [hung-saw] tetapi banyak yg hanya direbus dan kemudian dipotong tipis-tipis Saya kira tradisi ini di Taiwan dibeberapa komunitasdipakai. Untuk mereka yg pada hari imlek ini sembayang untuk leluhur biasanya ada 3 macam yang penting diatas meja abu, yakni :
  1. Ayam atau bebek yang utuh [semua dengan segala bagian dari darah dan lain-lain ada] sebagai simbol untuk udara.
  2. Ikan sebagai simbol dari air - Ini bisa ikan emas ikan bandeng atau ikan salmon [ ikan pai tu di daerah singapore] semacam ikan yang bulat dan yang dapat hidup dilaut dan disungai.
  3. Kepala babi sebagai simbol dari tanah.

Untuk komunitas yang berasal dari Kwangtung - banyak yang pada hari imlek ini makan vegetarian dan makan semacam campuran dari bahan-bahan kering yang bersimbol sesuatu. Mereka menyebutnya masakan fachai. Isinya 8 macam sayuran kering :
  1. Lilly flower [chingchen]
  2. Jamur kuping yg hitam [mu-erl]
  3. Kembang tahu [Fu chuk]
  4. So-oen [glassy noodles]
  5. Gingko beans
  6. Sea-moss [fa chai]
  7. Dried oyster
  8. Bambu rebung
Semua ini direbus sampai empuk dan diberikan saos dari plum dan oyster . Semua bahan-bahan kurang lebih merupakan semacam simbol rejeki, musim semi, hidup baru dan lain-lain.


Sumber : http://chineseculturezone.blogspot.com
Temukan hadiah yang unik dan menarik untuk orang-orang terkasih dalam daftar Hadiah Imlek Anda.

1 comment:

  1. Halo Admin / Blogger :)

    Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan disk online yang lain dengan tujuan berbagi informasi ? :)
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Anda bisa dengan bebas mmengupload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    Terima kasih.

    Salam.

    ReplyDelete